What a Grace


“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman, itu bukan hasil usahamu,
tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu, jangan ada orang yang memegahkan diri.”
(Efesus 2:8-9)

Tidaklah mengherankan jika John Newton menceritakan pengalaman pribadinya menjadi sebuah lagu “evergreen” Amazing Grace. Dia menyadari dirinya berdosa yang telah mendapatkan anugerah besar dari Tuhan. Ombak dan gelombang lautan yang sesaat lagi melenyapkan nyawanya itu tergantikan oleh sebuah kehidupan yang masih diijinkan terjadi didalam dirinya. Hukuman yang seharusnya diterima, tak dialami. Maut yang seharusnya menjemput, berlalu darinya.

Anugerah berasal dari istilah Ibrani “khen” yang berarti ‘perbuatan seorang atasan yang menunjukan kepada bawahannya kasih karunia, padahal sebenarnya bawahan itu tidak layak menerimanya’. Kasih karunia adalah pemberian Allah kepada manusia padahal manusia tidak pantas untuk menerimanya.
Kata “kharis” dalam bahasa Yunani secara umum berarti ‘pemberian, hadiah, anugerah, kemurahan hati, dan karunia.’
Dalam Perjanjian Baru kata kasih karunia atau anugerah ini dihubungkan dengan keselamatan dari Allah bagi manusia berdosa.

IMMANUEL, ditahun yang baru ini adalah saat yang tepat untuk merenungkan kembali kasih karunia Kristus dalam hidup kita, Waktu untuk melihat kembali betapa kita adalah orang-orang yagn beruntung memiliki kesempatan hidup didalam Dia. Dilandasi kasih yang tak terbatas, Dia menerima kita kembali layaknya Bapa menerima anak bungsunya yang telah terhilang. Kita diberi cincin dan sepatu, juga diselubungi dengan jubah megah yang baru. Kita seperti dirham atau domba yang hilang yang ditemukan kembali.

Kita tentu heran dengan mereka yang kemudian berpaling dari kasih karunia Kristus. Bukankah didalam kasih karunia, kita menerima apa yang tidak patut kita terima yaitu keselamatan kekal?, Bukankah didalam anugerah-Nya kita tidak menerima apa yang seharusnya kita terima, yaitu hukuman kekal? Mari sejenak kita renungkan.


Related

Renungan Warta Jemaat 4478597074279152142

Follow Us

https://www.facebook.com/GPdIImmanuelGarut/

Hot in week

Comments

Gembala Sidang

Gembala Sidang
Pdt. Diane Palit

Message

Kobarkan terus Api Pantekosta
Menuju Kesempurnaan Gereja

GPdI IMMANUEL - Garut

Gereja Pantekosta di Indonesia - IMMANUEL
Jl. Cimanuk no.261
Garut - Jawa Barat Indonesia.
Email : immanuelgarut@gmail.com
Admin : Hardyanto77@gmail.com
Phone: +628 (0262) 231109

Connect Us

item